Friday 2 March 2012

Modding Homescreen Standart S60v3 Ala Belle

Modding Homescreen Standart S60v3 Ala Belle

by sedenx on 12:41 AM, 15-Jan-12

Category: Modding S60v3

Modding Homescreen Standart S60v3 Ala Belle
Salam sahabat semua, buat pengguna HP Symbian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Symbian Belle yang sekarang lagi gembar-gembornya di kancah dunia Smartphone. Dari segi tampilan Homescreenya Symbian Belle termasuk flexyble dan dinamis tapi apa daya tangan tak sampai mau beli belle duit cuma bisa buat beli tempe...

Nah untuk modding kali ini saya akan mencoba menerapkan homescreen ala Symbian Belle di Symbian S60v3 dengan sedikit utak atik dan kesabaran akhirnya nempel juga tuch belle di S60v3 yang mungkin hasilnya lebih mirip-mirip dikit (lumayan buat ngilangin hasrat ganti hp) dan sedikit bantuan beberapa aplikasi pihak ketiga.

Untuk Modding Homescreen Standart S60v3 Ala Belle ini hampir sama triknya dengan Mengubah S60v3 Menjadi Android yang sudah pernah saya share sebelumnya dan di khususkan untuk ponsel ukuran layar 240x320 (Potrait)

Disini saya hanya mengandalkan tema editan saya yang backgroundnya sudah saya ubah layaknya Symbian Belle, serta ikon jam analog dan digital di Homescreen yang sudah saya hilangkan jadi tidak perlu bantuan patch untuk menghilangkan ikon jam.


Cekibrot bro...



1. Install tema Belle Tarot S60v3 di ponsel kamu, di dalam file sudah saya sediakan petunjuknya untuk Symbian S60v3 fp1 dan juga pre fp1.

2. Karena tema ini sudah tersedia symbol navibar ala Belle di homescreen, jadi kamu harus menghilangkan nama aplikasi navibar yang ada di homescreen biar nantinya terlihat bersih dan nyata.

Navi.jpg

Untuk fp1 bisa menggunakan patch No Softkey Teks in Idle caranya :
Aktifkan patchnya kemudian kill Standby mode menggunakan Jbaktaskman lalu buka menu dan kembali ke Homescreen.

Jika patch tidak berfungsi bisa menggunakan alternatif yang kedua yaitu cara manual edit hex file resource aplikasi menggunakan MobilHex, tapi tenang disini sudah saya sediakan beberapa file resource aplikasi yang sudah saya hilangkan namanya jadi kalian cukup memindahkan saja ke tempat asalnya caranya :
Download file No Name kemudian pilih dulu aplikasi yang akan ditempatkan di homescreen caranya masuk aja ke menu pengaturan (lihat file aplikasi yang di download jadi pilih yang sesuai di dalam file)
Setelah memilih aplikasi navibar homescreen kemudian pilih file resource yang sesuai dengan navibar homescreen kamu, ekstrak ke tempatnya masing-masing kemudian kill Standby mode menggunakan Jbaktaksman.

3. Berikutnya adalah Shortcut Standby, untuk memindahkan shortcut homescreen biar letaknya dibawah gunakan file AIPluginDefinition.rsc caranya matikan dulu menu standby kemudian ekstrak file AIPluginDefinition.rsc ke C:resource atau E:resource sesuai patch e2z.rmp atau c2z.rmp yang kamu gunakan (tidak menerima keluhan patch e2z.rmp/c2z.rmp jika error) lalu aktifkan lagi menu Standby ponsel kamu.

4. Nah untuk Jam homescreen disini saya menggunakan aplikasi Clockbelle/BubueDeskclock yang sudah aku sediakan 2 skin Jam ala Belle

Clockbelle1.jpgClockbelle2.jpg

Caranya : instal aplikasi Clockbelle, buka aplikasinya dan pilih Skin Jam ala Belle hasil kreasi Saya sendiri, untuk mengatur letaknya tekan Option >> Settings >> Set Position, atur sesuai selera kamu.

5. Lanjut lagi berikutnya adalah menghilangkan nama Operator dan profile yang ada di Homescreen.
Caranya : aktifkan 2 patch No Operator Teks kemudian kill Standby Menu menggunakan Jbaktaskman. (tidak menerima keluhan jika patch tidak berfungsi)

6. Yang terakhir adalah menghilangkan catatan kalender di homescreen, untuk yang ini terserah kamu mau dihilangkan atau tidak, jika dihilangkan gunakan patch NoCalendar Aktif In Idle aktifkan patch tersebut sebelum mengaktifkan menu Standby di homescreen.

Jika semua langkah diatas dilakukan dengan benar maka hasilnya akan tampak seperti dibawah ini

Belle1.jpg
Belle2.jpg

Untuk tema Ala Belle disini saya menyediakan beberapa pilihan background yang lainnya silahkan klik gambarnya untuk download (wah lengkap banget ya service dari om sedenx gratis lagi...)

Auntum.jpgBlossom.jpg
Bluebird.jpgBrown.jpg
Feather.jpgForest.jpg
Leaves.jpgOwl.jpg
Pool.jpgRock.jpg
Tarot.jpgThrees.jpg
Waterdrop.jpgWetrock.jpg

Jika ada tema yang tidak bisa di download itu berarti memang belum saya upload karena jaringan gratisan lagi lemot jadi ditunggu aja pasti saya upload.
Sekian terima kasih jika ada salah kata maafkan saya.

SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment